LaTeX, apaan tuch?????????

Diposting oleh Salman K | 1/15/2007 08:32:00 AM | | 0 komentar »

Ketika membaca judulnya, pasti banyak berpikir bahwa latex itu adalah sintetis karet olahan. Jika kamu berpikir demikian, maka sebaiknya kamu cuci muka dulu dech pake latex yang kamu pikirkan

LaTeX adalah salah satu software pengolah kata yang free. LaTeX diciptakan pertama kali oleh seorang ahlinya yang bernama kakek Leslie Lamport. Sebenarnya LaTeX merupakan kelanjutan dan pengembangan dari software sebelumnya yaitu TeX yang dibuat oleh kakek Donald E. Knuth

Kek Donald membuat software ini dengan beberapa alasan yaitu alasan utamanya adalah sulitnya mahasiswa dan dirinya sendiri dalam menggunakan software pengolah kata yang ada untuk membuat simbol-simbol dan rumus matematika. Karena banyaknya keluhan tersebut maka ia berinisiatif untuk membuat software pengolah kata lain, dan dinamakan TeX.

Sejalan dengan berkembangnya TeX di kalangan penulis, peneliti dan mahasiswa maka TeX dikembangkan lagi dan muncullah LaTeX seperti yang saya kenal dan anda baru mengenalnya.

Software LaTeX dapat digunakan dalam lingkungan Unix, Linux, Windows maupun MaCintosh. Untuk windows khususnya terdapat beberapa software LaTex seperti PCTeX, Miktex, Scientific Word, ProText, True Text, dll (cari aja ya dari om G!!!).

Oke dech, mungkin sekarang semua sudah pada tahu dan kenal apa itu LaTeX.
writed by : klencot
To be Continued.....

0 komentar